umPyNq6fmDjeIVU9NhwDmLxVPpksRSqXt7n4IZeW

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Bookmark

Resep Cara Membuat Capcay Mudah dan Ekonomis, Keluarga Auto Doyan

Resep Cara Membuat Capcay Mudah dan Ekonomis, Kuah Super Nikmat
Resep Membuat Capcay, Mudah dan Ekonomis

Bagi kamu yang sedang mencari resep tentang bagaimana cara membuat capcay dengan kuah yang super nikmat, maka kamu bisa membaca artikel berikut hingga akhir.

Capcay sendiri merupakan salah satu hidangan lezat yang sangat menggugah selera, terutama jika disajikan untuk makan bersama keluarga.

Sekilas capcay hampir terlihat sama seperti sayur sup, akan tetapi memiliki kuah gurih yang kental dan memiliki cita rasa yang tinggi. Capcay kuah kental dengan rasa yang lezat dan aroma yang menggoda mungkin bakal membuat suami dan anak betah makan di rumah.

Tak hanya itu, capcay kuah kental yang ekonomis dan mudah disiapkan juga bisa menjadi pilihan ideal untuk menyajikan makanan sehat dan lezat di meja makan keluarga.

Dalam artikel ini, Digi akan membagikan resep praktis tentang bagaimana cara membuat sendiri capcay kuah kental yang tentunya sangat mudah dan ekonomis.

Berikut merupakan resep dan cara membuat mudah membuat capcay nikmat dengan kuah kental yang telah Digi rangkum melalui kanal YouTube Ika Mardatillah.

Bahan-bahan

- 1 sawi pakcoy
- 1 sawi putih
- 1/2 kembang kol
- 2 wortel (potong ukuran kecil)
- 1 baby jagung
- 4 arcis
- 3 sdm saus tomat
- 2 sdm saus sambal
- 1 sdt lada bubuk
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt gula
- 1 sdt kaldu bubuk/kaldu jamur
- 1 sdm tepung maizena
- 250 ml air
- 1/2 bawang bombay
- 1 batang daun bawang/bawang pre (iris kecil)

Topping

- 200 gram dada ayam (potong kecil)
- 5 buah bakso sapi

Bumbu halus

- 5 siung bawang putih
- 2 siung bawang merah

Cara membuat

1. Tahapan pertama yang harus dilakukan adalah menghaluskan bumbu yang terdiri dari 5 siung bawang putih dan 2 siung bawang merah. Tambahkan sedikit air, kemudian blender hingga halus.

2. Panaskan minyak dalam penggorengan atau teflon secukupnya. Setelah minyak dirasa benar-benar panas, tumis bumbu yang telah dihaluskan. Tumis hingga matang hingga tercium aroma wangi.

3. Apabila telah tercium aroma wangi dari bumbu halus, tambahkan juga bawang bombay dan daun bawang yang telah diiris. Tumis hingga matang.

4. Masukkan lada bubuk, garam, gula, dan penyedap rasa yang telah disiapkan. Tumis kembali hingga benar-benar matang dan merata.

5. Jika dirasa sudah matang, kamu bisa memasukkan topping ayam yang telah dipotong kecil ke dalam teflon. Masak hingga ayamnya berubah warna.

6. Ketika ayam telah berubah warna, masukkan juga bakso yang telah disiapkan sebelumnya. Tumis sebentar hingga matang.

7. Tambahkan air dan masukkan wortel ke dalam teflon. Masak hingga wortel setengah matang.

8. Jika wortel dirasa sudah setengah matang, maka kamu bisa menambahkan beberapa sayuran lain seperti kembang kol, arcis, dan baby jagung. Masak hingga sayuran terasa empuk.

9. Masukkan saus tomat dan saus sambal. Lalu, aduk hingga benar-benar rata. Sampai tahap ini kamu bisa mencicipi rasanya sebelum ditambahkan tepung maizena. Pastikan rasanya pekat.

10. Masukkan sawi putih dan sawi daging/pakcoy. Masak sebentar hingga sawi dan seluruh sayuran terlihat empuk.

11. Jika ingin kuah capcay terlihat lebih kental, kamu bisa menambahkan tepung maizena yang telah dilarutkan dengan air. Tepung maizena disini berfungsi untuk mengentalkan kuahnya. Tuang larutan tepung maizena sesuai selera hingga kuah capcay terasa kental.

12. Selesai.

Itulah resep atau cara membuat capcay kuah kental yang bisa kamu coba sendiri dirumah. Bahan yang digunakan juga sangatlah mudah ditemukan dan tentunya sangat ekonomis. Selamat mencoba.

Posting Komentar

Posting Komentar