umPyNq6fmDjeIVU9NhwDmLxVPpksRSqXt7n4IZeW

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Bookmark

Resep Risol Mayo Nikmat dan Cocok untuk Ide Jualan Di Rumah, Jual 2500 Auto Laris

Resep Risol Mayo Nikmat dan Cocok untuk Ide Jualan, Jual 2500 Auto Laris
Resep Risol Mayo Nikmat dan Cocok untuk Ide Jualan

Risol mayo merupakan salah satu varian jajanan risol yang cukup populer dengan cita rasa yang nikmat. Keunikan rasanya juga membuat risol mayo menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai ide jualan, baik itu dalam bentuk frozen food atau siap saji.

Perpaduan kulit risol yang renyah dengan isian mayones yang lembut membuatnya menjadi salah satu jajanan yang mampu menggugah selera makan. Risol juga biasanya dihidangkan dengan berbagai jenis isian seperti sosis, telur, hingga sayuran.

Bagi kamu yang ingin membuat hidangan risol mayo baik untuk dikonsumsi sendiri atau dijual, maka kamu bisa membaca artikel resep risol mayo mudah dan ekonomis ini hingga akhir.

Berikut merupakan resep dan cara membuat mudah membuat risol mayo yang telah Digi rangkum melalui kanal YouTube Yulia listiari.

Alat & bahan:

- Teflon diameter 20cm
- 750 gr tepung terigu
- 60 gr tepung tapioka kemasan
- 3 butir telur
- 1¹/² sdt garam
- 1/2 sdt kaldu jamur
- 1/2 sdt lada bubuk
- 1700 ml air
- 5 sdm minyak goreng

Isian:

- 750 gr mayones(20.000) merek mamayo
- 1 bks bubuk keju(4.000)merek indofood
- 8 butir telur(27.000)
- 1 bks daging burger isi 10(10.000) merek Vigo
- 250 gr Minyak goreng secukupnya(7.500) Baluran
- 100 gr tepung terigu
- Air secukupnya
- 1/2 sdt garam
- 250 gr panir (5.000)

Cara membuat:

1. Siapkan isian risol terlebih dahulu, dalam pembuatan kali ini isian risol terdiri dari telur rebus, isian burger, saus mayo, bubuk keju, dan susu kental manis. Potong 1 butir telur rebus menjadi 8 bagian. Untuk 1 potong isian burger bisa dibagi menjadi 4. Kamu bisa mengganti isian burger dengan sosis yang dipotong-potong menjadi beberapa irisan kecil.

2. Selanjutnya, campurkan 750 gram saus mayo dengan 1 bungkus bubuk keju ke dalam baskom. Jangan lupa tambahkan susu kental manis secukupnya.

3. Susu kental manis disini berfungsi untuk menjaga rasa isian agar tidak terlalu asam. Campurkan susu kental manis sedikit demi sedikit ke dalam baskom dan dicicipi hingga rasanya pas. Aduk secara merata hingga saus mayo berwarna kekuningan.

4. Sisihkan terlebih dahulu isian risol dan lanjut membuat kulit risol. Untuk membuat kulit risol, kamu bisa mencampurkan 750 gram tepung terigu, 60 gram tepung tapioka, 1 sendok teh garam, kaldu jamur, dan lada bubuk secukupnya ke dalam baskom. Tepung tapioka digunakan untuk membuat tekstur kulit risol menjadi lebih lentur.

5. Aduk seluruh bahan hingga tercampur secara merata. Jika sudah diaduk hingga tercampur rata, maka kamu bisa menambahkan 1800 ml air secara bertahap/sedikit demi sedikit sembari mengaduk adonan dalam baskom.

6. Jika dirasa telah tercampur rata dan tidak ada bahan yang menggumpal, maka kamu bisa melanjutkan dengan memasukkan 3 butir telur dalam baskom. Aduk seluruh bahan hingga merata.

7. Saring adonan kulit risol menggunakan saringan hingga benar-benar halus dan tidak ada bagian yang menggumpal.

8. Setelah disaring, kamu bisa menambahkan sekitar 6 sdm minyak goreng kedalam adonan kulit risol. Aduk hingga merata dan diamkan minimal selama 30 menit.

9. Jika sudah didiamkan, kamu bisa menyiapkan teflon untuk mulai membuat kulit risol. Sebelum dipanaskan, pastikan teflon diolesi sedikit minyak lalu dilap menggunakan tisu.

10. Jika teflon dirasa cukup panas, kamu bisa menuangkan adonan ke dalam teflon menggunakan takaran irus atau sendok sayur. Pastikan seluruh bagian kulit risol tertutup rapi dan jika ada lubang kamu bisa menambahkan sedikit adonan untuk menutupinya.

11. Tunggu hingga permukaan bagian tepi kulit risol benar-benar kering. Apabila telah dirasa kering kamu bisa mengangkat kulit risol yang telah jadi. Lakukan hal yang sama hingga seluruh adonan habis.

12. Siapkan baluran dengan menggunakan beberapa bahan seperti tepung terigu, garam, dan air secukupnya ke dalam wadah mangkuk. Kamu bisa menggunakan takaran 100 gr tepung, garam dan air secukupnya.

13. Aduk seluruh bahan hingga merata. Pastikan baluran tidak terlalu kental dan tidak juga terlalu cair. Ini karena jika terlalu kental, maka risol bisa menggumpal jika ditambahkan ke tepung panir.


14. Siapkan kulit risol yang telah dibuat. Lalu, tambahkan isian risol secukupnya dan letakkan di bagian dalam kulit risol.


15. Lipat risol dan pastikan seluruh sisi tertutup dengan rapat agar tidak bocor saat proses penggorengan. Kamu juga bisa menggunakan baluran yang telah dibuat tadi sebagai perekat kulit risol.


16. Apabila seluruh risol telah digulung/dilipat, maka kamu bisa menyiapkan baluran dan tepung panir yang telah dihaluskan. Baluri risol dengan tepung panir dan jangan lupa ditekan-tekan agar tepung panir bisa melekat sempurna.


17. Ketika telah dibaluri tepung panir seluruhnya, kamu bisa memasukkan risol ke dalam kulkas selama kurang lebih sekitar 2 jam. Hal ini bertujuan agar tepung panir tidak rontok saat proses penggorengan.


18. Jika siap, panaskan minyak goreng dan goreng risol hingga berwarna kekuningan. Tiriskan risol dengan menggunakan kertas roti.


Itulah resep membuat risol mayo yang nikmat dan tentunya sangat ekonomis. Mungkin bagian tersulit adalah pada saat proses pembuatan kulit risol mayo. Namun, jika kamu mengikuti beberapa tahap diatas dengan benar mungkin akan langsung berhasil dalam sekali coba.
Posting Komentar

Posting Komentar